Tuesday, August 25, 2009

Agama dan Kepercayaan Menuai Perdebatan

di sela-sela kesibukan gw yang makin membuat kepala meledak, ada pembahasan seru yang sedang terjadi di kelas gw... yaitu agama dan kepercayaan. pelajaran antorpologi bab kali ini belajar tentang agama dan kepercayaan. lalu, belom lama ini Megi chatting sama seorang strangers di Omegle.com yang bertopik tentang agama. menurut si strangers yang adalah orang berkebangsaan Australia, agama itu tidak penting dan dia sangat benci agama karena banyak sekali aturan yang ada di dalamnya. selain itu agama itu membuat permasalahan di dunia.
sebenarnya, setelah gw membaca notes Megi di FB itu, gw agak menyetujui juga dengan perkataan strangers tentang membuat permasalahan di dunia. lihat aja, bom itu dilakukan oleh mayoritas orang apa? tahu sendiri kan... mereka mengatasnamakan agama sebagai alasan mereka melakukan itu. katanya dalam kitab mereka tertulis begitu.
tapi... gw sebagai orang yang beragama katholik, gw masih senang dengan agama gw sejauh ini. gw masih percaya satu Tuhan walaupun gw males banget ke gereja ataupun berdoa. tapi tetap didalam hati gw, gw masih percaya adanya Tuhan.
kadang kalo gw lagi tertimpa masalah, seperti waktu itu gw lagi nyetir mobil dan yang tidak lain tidak bukan adalah kesalahan si pejalan kaki, gw menubruk orang itu sedikit aja. terus orang itu marah dan menepi. gw langsung cepet2 ngegas dan tidak bagusnya, gw terjebak di kerumunan macet. sumpah gw udah takut setengah mati karena tuh orang jalan terus menuju ke mobil gw. gw udah takut karena dia bakal marah-marah dan minta ganti rugi. gw sebut nama Tuhan berkali-kali dengan doa yang gak jelas tapi itu bikin gw sedikit tenang. dan ternyata orang itu malah lewat begitu aja. i think he is crazy...
dengan adanya agama, ketika lu bimbang dan ketakutan, lu menjadi punya sebuah pegangan yang bisa lu jadikan penenang. gw sih merasa gunanya agama seperti itu. seperti misalnya gw udah takut gak naik kelas, gw akan berdoa terus menerus supaya diri gw tenang. jadi bagi gw agama itu adalah alat penenang dalam hidup gw.
dulu gw emang sempet gak peduli lagi dengan agama katholik disamping itu, gw merasa agak marah dan malu melihat kenyataan bahwa di zama dahulu, agama katholik itu adalah agama yang jahat. emang kenyataannya sekarang udah gak lagi, cuma itu kan masih membekas.
perdebatan agama itu penting atau tidak memang bakal panjang. tapi gw pengen bilang satu hal yang gw benci dari orang yang memeluk agama. terkadang mereka menjadi FANATIK. itu yang bikin jelek.
pernah gak sih liat orang yang Fanatik banget sama agamanya. mereka cenderung akan berperilaku membesar-besarkan nama agamanya di segala tempat dan kondisi. itu yang menyebalkan. dan gw baru aja tadi ngeliat salah satu blog anak kelas XI yang menurut gw dia bener-bener fanatik banget sama kristen. menurut gw, anak itu gak penting sekali membawa-bawa kefanatikannya ke dalam blog. maaf saja yah, tapi itu benar-benar tidak penting dan aneh.
sebagai orang beragama, percaya sajalah bahwa Tuhan itu ada. tapi janganlah jadi orang fanatik banget. kalian itu mengganggu tauukk..
membahas agama gak bakal ada abisnya. Tuhan itu ada kalau kamu percaya ada.

No comments:

Post a Comment